(021) 22789219

halo@cyber-university.id

Follow Us:

Cyber University Logo Kecil

Tips Memilih Jurusan SMK yang Tepat untuk Terhindar dari Salah Jurusan

Hai Cyberian! Kali ini kita akan membahas tentang Tips Memilih Jurusan SMK yang Tepat untuk Terhindar dari Salah Jurusan. Yuk kita simak artikelnya berikut ini:

Kamu akan masuk ke bangku SMK? Maka kamu perlu mempersiapkan diri dan menentukan jurusan yang akan kamu ambil. Dalam menentukan jurusan yang seusai dengan passion kamu, maka kamu perlu membuat perencanaan.

Agar tidak salah jurusan, maka kamu perlu mempersiapkan diri. Kamu juga dapat menyesuaikan jurusan yang diambil dengan karir yang kamu inginkan. SMK memiliki lebih banyak pilihan jurusan jika dibandingkan dengan SMA. Oleh karena itu, kamu memerlukan tips memilih jurusan SMK yang tepat agar terhindar dari salah jurusan.

7 Tips Memilih Jurusan SMK yang Tepat

Tips memilih jurusan SMK yang tepat perlu kamu terapkan lebih awal untuk menghindari salah jurusan. Hal ini merupakan salah satu yang perlu dipersiapkan untuk menunjang karir dan masa depan kamu. Simak tips selengkapnya berikut ini:

1. Pahami apa yang Kamu Sukai dan Impian Karir yang Diinginkan

Memahami diri sendiri dapat menjadi langkah awal untuk menentukan jurusan SMK yang tepat. Kamu dapat melihat hal yang kamu sukai agar dapat diimplementasikan dalam suatu bidang ilmu tertentu. Selain itu, kamu juga dapat melihat profesi apa yang kamu inginkan setelah lulus nanti.

Baca Juga: Tips Agar Lulusan SMK Bisa Cepat Kerja sesuai dengan Keahlian yang Dimiliki

2. Konsultasikan dengan Orang Tua

Peran orang tua merupakan hal yang sangat penting ketika kamu ingin menempuh pendidikan di SMK. Kamu dapat berkomunikasi dengan orang tua terkait dengan jurusan yang ingin kamu ambil. Dukungan orang tua juga dapat menjadi langkah awal untuk memantapkan hati dalam memilih jurusan yang tepat.

3. Cari Informasi Lengkap Seputar Jurusan

Pahami jurusan yang akan kamu ambil dengan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Kamu dapat melihat prospek kerja dari jurusan yang akan diambil. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui mata pelajaran apa saja yang akan diambil, perusahaan yang dapat dijadikan tempat PKL, dan praktek apa saja yang nantinya akan dilakukan.

4. Memperoleh Pendapat dari Orang Terpercaya dan Berpengalaman

Kamu dapat memperoleh pendapat dari orang terpercaya dan sudah berpengalaman terkait dengan jurusan yang kamu ambil. Kamu dapat berdiskusi tentang beberapa hal terkait lama atau tidaknya mendapatkan pekerjaan, kebutuhan di perusahaan dan hal lainnya yang berkaitan dengan jurusan.

5. Jangan Terpengaruh dengan Teman

Teman biasanya akan membuat kamu goyah karena tidak sedikit siswa yang mengambil jurusan tertentu karena mengikuti teman. Hal itu tidak direkomendasikan karena passion kamu dan teman kamu belum tentu sama. Oleh karenanya, hindari terpengaruh teman dalam penentuan jurusan sekolah.

6. Berfikir Secara Realistis

Baca Juga: Daftar Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK dengan Prospek Kerja yang Menjanjikan

Keinginan yang terlalu menggebu biasanya membuat kamu berfikir dengan tidak realistis. Kamu perlu mempertimbangkan dengan baik kemampuan diri untuk sekolah dengan jurusan yang akan diambil. Akan lebih baik juga jika kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari suatu jurusan.

7. Informasi Perusahaan yang Membutuhkan Kompetensi Jurusan

Kamu dapat memperoleh referensi tentang kebutuhan perusahaan akan SDM dengan kompetensi yang sesuai dengan jurusan. Informasi tersebut dapat kamu peroleh memalui informasi lowongan pekerjaan. Selain itu, kamu juga dapat menemukan refernsi melalui artikel.

Setelah mengetahui tips memilih jurusan SMK yang tepat, kamu dapat mulai menyusun rencana dan strategi. Saat kamu sudah menentukan jurusan yang tepat, maka kamu dapat menentukan sekolah yang membuka jurusan sesuai dengan minat kamu. Tanamkan semangat dalam diri agar kamu dapat menyelesaikan sekolah dengan baik.

Cyber-University.id © 2022